Home / Daerah

Selasa, 9 Mei 2023 - 13:36 WIB

Cuaca Ekstrem, BPBK Aceh Jaya Minta Warga Tetap Waspada

- Penulis Berita

Aceh Jaya – Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten, (BPBK), Aceh Jaya, mengingatkan potensi adanya cuaca ekstrem di wilayah tersebut.

Cuaca ekstrem diprediksi terjadi mulai sejak Senin (9/5/2023) Pukul 12.40 WIB “Berdasarkan update peringatan dini Cuaca Aceh, masih berpotensi terjadi hujan sedang – lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Kabupaten Aceh Jaya. “Jadi masyarakat diminta tetap waspada terhadap cuaca ekstrem,” pinta Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Fajri,S.Ag, kepada wartwan, Selasa, (9/5/2023).

Lanjut Fajri, adapun daerah yang rawan terhadap cuaca ekstrem diantaranya, Kecamatwn Setia Bakti, Kecamatan Sampoiniet, Kecamatan Darul Hikmah dan dapat meluas ke Kecamatan Krueng Sabee, Kecamatan Teunom, Kecamatan Jaya, Kecamatan Indra Jaya, Kecamatan Panga dan Kecamatan Pasie Raya. ” Ini data yang kami peroleh dari www.bmkg.go.id,”tegas Fajri.

Baca Juga :  Hari kedua baru 19 Calon Panwaslih yang Mendaftar

Kondisi ini kata Fajri, diperkirakan masih akan berlangsung hingga Pukul 15.55 WIB. Dampak cuaca ekstrem diperkirakan berpotensi menimbulkan bencana berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang. Hal tersebut terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana banjir dan tanah longsor dan pesisir pantai, “Warga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,”pinta dia.

Untuk itu Fajri meminta warga berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, tidak beraktivitas diluar rumah jika tidak mendesak, bagi masyarakat yang bermukim disekitar daerah kawasan pohon-pohon besar dan pengguna jalan diharapkan untuk waspada terhadap pohon tumbang akibat cuaca ekstrem angin kencang.

Baca Juga :  Program 'Jumat Curhat' Kapolres Bireuen Terima Keluhan Warga

Kemudian pinta Fajri, bagi nelayan untuk tidak beraktivitas dahulu ke laut, bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran Sungai dan pantai lebih berhati-hati terhadap longsor akibat luapan air dan abrasi pantai.

Lalu Fajri yang juga mantan Camat Kareung Sabe itu meminta kepada warga agar berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan. Kepada masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan informasi terbaru terkait Potensi Bencana.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Festival Anak Shaleh Indonesia di Kabupaten Pidie diikuti 230 peserta

Daerah

Pameran dan Bazar UMKM Aceh Dibuka Malam Ini di Lhoksukon

Daerah

Tiga Puluh Personel Polres Pidie Naik Pangkat

Daerah

Jaga Kelestarian Lingkungan, Polres Aceh Utara Tanam 1.000 Pohon

Daerah

15 Nama Calon Panwaslih Diserahkan ke Komisi I DPRK

Daerah

Kasatres Narkoba dan Dua Kapolsek Polres Aceh Utara Sertijab

Daerah

Pj Bupati Aceh Utara Terima Deviden dari Bank Aceh Rp 13,8 M

Daerah

Bakti Religi, Polres Aceh Utara Bersihkan Masjid Peringati Hari Bhayangkara

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!