Home / Politik

Kamis, 19 Oktober 2023 - 10:16 WIB

SE Kemendagri Pastikan Enam Anggota DPRK Pidie Harus di PAW

- Penulis Berita

Sigli – Ada enam anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten, (DPRK), Pidie harus dilakukan Pergantian Antar Waktu, (PAW), karena pindah ke Partai lain untuk maju pada Pemilihan Anggota Legislatif, (Pileg), tahun 2024.

Ada pun ke enam anggota DPRK yang dimaksud, Kurniada pindah ke Partai Kebangkitan Bangsa, (PKB), Juwakir ke Partai PKB, Zamzami ke PKB dan Tgk Abdul Manaf dari Partai Daerah Aceh, (PDA), ke Partai Amanat Nasional, (PAN).

Lalu ada Zulfazli dari Partai Nanggroe Aceh, (PNA), hengkang ke PKB dan yang terakhir Fadhli A.Hamid dari Partai Golkar hengkang ke Partai Persatuan Pembangunan, (PPP).

PAW itu harus dilakukan sesuai dengan Surat Edaran, (SE), Direktorat Jenderal, (Dirjen), Otonomi Daerah,(Otda), Kementerian Dalam Negeri, (Kemendagri), RI nomor 100.2.1.4/4367/Otda, tanggal 16 Juni 2023, terkait prihal pemberhentian anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD kabupaten/kota.

Baca Juga :  Perekrutan Tim Pansel KIP, Yang Diundang Diduga Sudah Diseting

Dalam surat tersebut dijelaskan, berdasarkan ketentuan pasal 139 ayat 2 huruf i dan pasal 193 ayat 2 huruf i undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah, serta pasal 99 ayat 3 huruf i Peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, menegaskan bahwa anggota DPRD diberhentikan antarwaktu jika menjadi anggota partai lain.

Ketua DPW PDA Kabupaten Pidie, Muhifuddin kepada thetime23.com mengatakan, persoalan PAW pihaknya menunggu dari Dewan Pengurus Pusat, (DPP), PDA. Kerena menurut Muhifuddin semua itu wewenangnya DPP. “Kami hanya menerima pengajuan dari DPP baru kami teruskan ke KIP,”jelasnya.

Menurut Muhifuddin, ada empat anggota DPRK dari partai nya yang hengkang ke Partai lain, seperti Kurniada,Juwakir dan Zamzami hengkang ke PKB dan Tgk Abdul Manaf hengkang ke Partai PAN. “Jadi empat dari PDA yang akan di PAW karena hengkang ke Partai lain dan itu tergantung keputusan DPP,”pungkasnya.

Baca Juga :  Di Pidie 10 Purnawirawan Polisi Gabung ke Golkar

Sementara itu Ketua DPW PNA Kabupaten Pidie, Tgk M.Nur mengatakan, pihaknya hanya satu orang yang beralih ke partai lain yaitu Zulfazli, dia maju dengan Partai PKB. Namun untuk persoalan PAW sudah dalam proses. “Kami hanya meneruskan proses PAW dari DPP saja,”jelasnya.

Sementara dari Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pidie, T.Saifullah TS belum mendapatkan konfirmasi, informasi yang diterima dia masih dalam keadaan kurang sehat. Namun informasi yang diterima media ini, Golkar hanya satu anggota DPRK yang hengkang ke PPP yaitu Fadhli A.Hamid.

 

Share :

Baca Juga

Politik

Tiga Pimpinan DPRK Pidie ditetapkan

Politik

PPS Yang Bermasalah Tetap Akan diganti

Politik

Diduga Saksi Parpol Lolos Anggota PPS di Kecamaatan Muara Tiga

Politik

Dianggap Bermasalah, Enam Anggota PPK Mundur

Politik

Nasib Delapan Anggota PPK Diujung Tanduk

Politik

Panwaslih Aceh Minta KIP Pidie Ganti PPK Bermasalah

Politik

Perekrutan PPK dan PPS, Panwaslih Aceh Minta KIP Pedomani PKPU

Politik

Terkait Kasus Perekrutan PPK, KIP Diminta Segera Tindak Lanjuti

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!