Home / Politik

Minggu, 11 Februari 2024 - 10:02 WIB

Menjelang Hari Penceblosan, Kecurangan Terjadi

- Penulis Berita

Sigli – Meski memasuki masa Minggu tenang, sejumlah tim pemenangan Calon Anggota Legislatif, (Caleg), melakukan kecurangan dengan mendatangi rumah-rumah dan membagikan uang serta meminta warga untuk memilih salah satu calon.

Bahkan timses tidak segan-segan mendatangi rumah warga pada malam hari. Dalam hal itu pengawas pemilih yang ada di kampung-kampung tidak bekerja dengan baik dan tidak mengawasinya, sehingga kecurangan masih terjadi.

Padahal masa kampanye sudah berakhir dan tidak dibenarkan lagi setiap timses untuk mengkampanyekan salah satu calon yang harus dipilih. Apa lagi dengan membagi-bagikan uang kepada calon pemilih, hal itu sering terjadi di masa menjelang pencoblosan.

Baca Juga :  ASN dan Pejabat di Aceh Utara Nyatakan Netralitas untuk Pemilu 2024

Ketua Panitia Pengawas Pemilih, (Panwaslih), Kabupaten Pidie, M.Rizal kepada thetime23.com Minggu, (11/2/2024), mengatakan, pihaknya selalu menekankan kepada semua pengawas untuk benar-benar menjalankan tugasnya masing-masing. Sehingga dapat mengantisipasi kecurangan. “Saya selalu meminta kepada pengawas untuk bertindak tegas jika ditemukan pelanggaran,”jelasnya.

Kemudian kata M.Rizal, besar kemungkinan di masa Minggu tenang ada kecurangan yang dilakukan timses untuk merayu pemilih dengan membagi bagikan sejumlah uang. Maka dari itu pengawas yang ada di kecamatan maupun di Gampong untuk mengawasi segala tindakan timses Caleg maupun capres. “Jika ditemukan pelanggaran segera melapor kepada pengawas terdekat,”pintanya.

Baca Juga :  Mundur Dari Komisaris BUMN, Bane Fokus Maju DPR RI

Dia menegaskan tidak dibenarkan timses bagi-bagi uang kepada calon pemilih, apa lagi masa-masa Minggu tenang dan jika ditemukan pihaknya akan menindak tegas dan masuk dalam pidana pemilu. “Kami sebagai pengawas tidak mentolerir jika terjadi pelanggaran pemilu,”tegas Ketua Panwaslih Kabupaten Pidie, M.Rizal.

 

Share :

Baca Juga

Politik

Tiga Pimpinan DPRK Pidie ditetapkan

Politik

PPS Yang Bermasalah Tetap Akan diganti

Politik

Diduga Saksi Parpol Lolos Anggota PPS di Kecamaatan Muara Tiga

Politik

Dianggap Bermasalah, Enam Anggota PPK Mundur

Politik

Nasib Delapan Anggota PPK Diujung Tanduk

Politik

Panwaslih Aceh Minta KIP Pidie Ganti PPK Bermasalah

Politik

Perekrutan PPK dan PPS, Panwaslih Aceh Minta KIP Pedomani PKPU

Politik

Terkait Kasus Perekrutan PPK, KIP Diminta Segera Tindak Lanjuti

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!