Home / Daerah

Kamis, 6 Juni 2024 - 17:25 WIB

Penggunaan Dana Gampong Harus Tepat Sasaran

- Penulis Berita

Sigli – Pengelolaan dana Gampong diharapkan transparansi dengan masyarakat dan penggunaannya harus tepat sasaran. Sehingga perencanaan pembangunan tersentuk merata dan semua masyarakat bisa menikmatinya dengan baik.

Demikian dikatakan Camat Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Bakhtiar pada acara sosialisasi penyakit menular yang di gelar di Meunasah Gampong Batee, Kamis, (6/6/2024).

Pada kesempatan tersebut camat meminta kepada aparatur Gampong agar sama-sama membantu kinerja Keuchik. Agar pengelolaan dana Gampong dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran. “Upayakan dulu pembangunan yang diprioritasakan masyarakat”,tegasnya.

Disisi lain Danramil Muara Tiga Kapten Samsul Bahri yang ikut pada acara tersebut mengatakan, untuk menjadi gampong yang baik dan sehat maka harus didukung dari perangkat yang baik dan sehat. Kebersihan harus dijaga bersama, agar gampong bisa terhindar dari penyakit menular atau tidak. “Ini tergantung pada apartur gampong sejauh mana mensosialisasi kepada masyarakat”,jelasya.

Danramil juga berpesan kepada semua yang hadir, pentingnya menjaga kesehatan demi keberlangsungan hidup lebih baik. Apa lagi gampong bersih tentu saja akan terhindar dari kuman penyakit dan harus benar-benar dijaga bersama agar tidak terdampak virus yang berbahaya. “Apa yang disampaikan pada sosialisasi penyakit menular harus menjadi ilmu bagi kita semua”,pungkas Samsul.

Baca Juga :  Sat Resnarkoba Polres Aceh Tamiang Musnahkan BB Narkotika

Dalam kesempatan itu Kapolsek Muara Tiga Ipda Effendi mengatakan, selain menjaga kesehatan tidak kalah pentingnya juga menjaga Ketertiban Masyarakat, (Kamtibmas). Sebab sehat paling utama, namun jika lingkungan tidak aman tentu saja kesehatan juga terganggu. “Intinya kesehatan wajib dijaga dan kantibmas juga perlu dijaga”,pinta dia.

Effendi yang juga mantan Kapolsek Kembang Tanjong itu juga mengingatkan kepada semua yang hadir agar menghindari saling gosip dan ikut campur urusan orang lain. Kemudian jika terjadi fitnah atau gesekan yang tidak baik di Gampong agar dapat diselesaikan sendiri Gampong tanpa harus dibawa ke kecamatan. “Tapi kesehatan perlu dijaga dan saya yakin warga Gampong Batee sehat-sehat kearena gampongnya bersih”,pungkas dia.

Sebelumnya acara dibuka oleh Keuchik Gampong Batee, Zakaria T.M.Dan juga mengingatkan kepada masyarakat yang hadir agar jangan termakan fitnah dan hasutan. Sehingga akan terjadi konflik antara sesama, jika ada sesuatu yang dirasakan masyarakat kurang jelas, tolong diperiksa dulu dan ditanyakan kepada aparatur gampong. “Kita selalu menganut sistem musyawarah”,pinta Keuchik.

Baca Juga :  Bersama Pejabat Polda, Pj Bupati Aceh Utara Pantau Persiapan Final Desk Pemilu

Dalam sosialisasi penyakit menular yang disampaikan Kepala Puskesmas Muara Tiga, Ns. Jufrida, S.kep, seberapa bahaya nya penyakit menular. Bahkan Jufrida mengaku, jika penyakit kusta itu jika tidak menggunakan pasilitas yang dipakai oleh penderita tidak akan menular. Misalnya untuk berjabat tangan tentu saja penyakit itu tidak menular.

Lanjut Jufrida, yang sangat berbahaya penyakit HIV/AIDS dan penyakit tersebut memang sulit diobati, namun untuk mengantisipasi agar penyakit tersebut tidak mengindap pada masyarakat. Ada beberapa hal yang harus dihindari, seperti hubungan bebas, pergaulan bebas dan suka gonta ganti pasangan. “Ini sangat berbahaya jika hal ini tidak dihindari”,tegas dia.

Kemudian kata Jufrida, untuk penyakit TBC juga sangat berbahaya dan perlu mendapat penanganan yang serius, bila sudah ada gejala maka segera ke Puskesmas agar diperiksa. Jufrida berpesan kepada yang hadir agar menjaga kebersihan lingkungan dan di rumah masing-masing, agar tidak ada virus yang bisa mengembang dan sangat berbahaya. “Utamakan jaga kebersihan lingkungan, termasuk kamar mandi dan jangan ada air yang tergenang di samping rumah, karna akan bersarang nyamuk”,pinta dia.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Festival Anak Shaleh Indonesia di Kabupaten Pidie diikuti 230 peserta

Daerah

Pameran dan Bazar UMKM Aceh Dibuka Malam Ini di Lhoksukon

Daerah

Tiga Puluh Personel Polres Pidie Naik Pangkat

Daerah

Jaga Kelestarian Lingkungan, Polres Aceh Utara Tanam 1.000 Pohon

Daerah

15 Nama Calon Panwaslih Diserahkan ke Komisi I DPRK

Daerah

Kasatres Narkoba dan Dua Kapolsek Polres Aceh Utara Sertijab

Daerah

Pj Bupati Aceh Utara Terima Deviden dari Bank Aceh Rp 13,8 M

Daerah

Bakti Religi, Polres Aceh Utara Bersihkan Masjid Peringati Hari Bhayangkara

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!