Home / Pemerintahan

Kamis, 16 Maret 2023 - 11:38 WIB

Pemkab Aceh Barat Dapat Award

- Penulis Berita

 

Meulaboh.Thetime23.com. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, melalui Menteri dalam negeri Jenderal Polisi (purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, BA., MA., Ph.D., di Balai Sudirman Jakarta kepada PJ. Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi, Rabu, (15/3/2023).

Hal ini lantaran Pemkab Aceh Barat sudah mencapai lebih 95 persen cakupan Semesta Jaminan Kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) sebagaimana sudah ditetapkan pemerintah pusat.

Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. Cakupan kesehatan semesta bukan hanya pencapaian jumlah orang yang dicakup oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Utara Lantik 8 Pejabat Fungsional Baru

PJ Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi mengungkapkan, UHC merupakan perwujudan tiga hal yang saling berhubungan yakni, kesamaan akses pelayanan, kesehatan setiap orang yang membutuhkan akan mendapatkan pelayanan kesehatan, bukan hanya bagi mereka yang mampu membayar saja, katanya Rabu, (15/3/2023)

“Memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan terus meningkat bagi peserta yang menerima pelayanan. Dan memastikan bahwa biaya pelayanan kesehatan yang digunakan tidak membuat masyarakat dalam kerugian finansial,” pungkas Mahdi.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Utara Ikuti Evaluasi Kinerja Triwulan IV di Itjen Kemendagri

Pihaknya mengaku sangat bersyukur karena mampu meraih UHC pada tahun 2023 ini “Alhamdulillah Pemkab Aceh Barat sudah UHC atau memastikan bahwa sistem jaminan kesehatan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau,” kata Mahdi.

Mahdi, berharap pola ini terus dikembangkan dan berkomitmen pada tahun-tahun berikutnya untuk tetap mempertahankan penghargaan ini. “Kami berkomitmen bagaimana selalu mengedukasi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan untuk daftar dan komitmen Pemkab dalam hal penganggaran tiap tahunnya,” papar dia.

Share :

Baca Juga

Pemerintahan

Pemkab Aceh Utara Cairkan Gaji ke-13 Senilai Rp 48,1 Miliar

Pemerintahan

Upaya kendalikan inflasi, Pidie dan Sabang Jalin kerjasama

Pemerintahan

Pidie Dapat Piagam APIP Dari BPKP Aceh

Pemerintahan

Rakor Tetapkan Turun ke Sawah di 10 Kecamatan, Berikut Penjelasannya

Pemerintahan

Upacara HUT Korpri di Aceh Utara Diwarnai Penghargaan Satyalancana dan Bagi Hadiah

Pemerintahan

Aceh Utara Terima Penghargaan dari KPK

Pemerintahan

Lagi, Aceh Utara Akan Kembali Terima Dana Insentif Fiskal

Pemerintahan

Pemkab Aceh Utara Sambut Kedatangan Roadshow Bus KPK

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!