Home / Daerah

Jumat, 24 Maret 2023 - 22:08 WIB

Adopsi Food Estate, Kelompok Tani Bulu Bolon Panen Bawang Merah

- Penulis Berita

 

Asahan.Therime23.com. Program pertanian kelompok tani Bulu Bolon di Desa Tomuan Holbung, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, (Sumut), menunjukkan hasil positif.

Hasil panen perdana Bawang Merah yang dilakukan petani Bulu Bolon, Jum’at (24/3/2023), cukup memuaskan para anggota kelompok tani.

Hal ini diungkapkan Ketua Kelompok Tani Bulu Bolon, Rimbun Sinurat, didampingi Sekretaris, Edi Adi Arianto Doloksaribu, di Kantor Koperasi Tani Bulu Bolon, usai melakukan panen perdana Bawang Merah.

“Kelompok Tani Bulu Bolon saat ini sedang fokus mengadopsi program lumbung pangan atau food estate yang dicanangkan Bapak Presiden Jokowi,” kata Rimbun.

Menimpali Ketua Rimbun, Sekretaris Edi Adi Arianto Doloksaribu menyampaikan kendala Kelompok Tani Bulu Bolon saat ini adalah bagian permodalan usaha dan infrastruktur jalan.

Baca Juga :  Tokoh Eks Kombatan GAM Minta Pj Walikota Lakukan Penyegaran di Lingkup Pemko Sabang

“Dengan modal usaha yang sangat terbatas, kami terus berupaya memaksimalkan realisasi program lumbung pangan ini,” ujar Arianto Doloksaribu.

Lebih lanjut kata Arianto Doloksaribu, selain keterbatasan modal usaha, para petani juga mengalami kendala akibat infrastruktur jalan menuju lahan pertanian belum tersentuh oleh pihak pemerintah.

“Jalan menuju lahan kami ini rusak parah, sehingga menghambat proses pengangkutan hasil panen,” katanya.

Kelompok Tani Bulu Bolon berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, dan Pemerintah Pusat, agar memberi perhatian dan solusi atas semua kendala yang sedang dihadapi.

“Sebagaimana sistem food estate yang berbasis pada produk. Artinya petani menanam konsentrasi pada produksi. Namun dengan kondisi infrastruktur jalan yang buruk sehingga kami belum dapat off taker (pembeli) yang berani membeli hasil panen dengan harga ditentukan pada perjanjian kerja sama sebelumnya,” ujar Arianto Doloksaribu.

Baca Juga :  Warga Minta Polsek Tindak Pencuri dan Judi Online

Menurut Arianto, bahkan biasanya ada off taker yang berani memberi uang depan (DP), sehingga uang DP tersebut dapat dimanfaatkan kelompok tani sebagai tambahan modal usaha untuk meningkatkan hasil yang maksimal.

“Kami berharap pihak pemerintah dapat mendukung program pertanian Kelompok Tani Bulu Bolon, tentu semua upaya yang dilakukan tidak terlepas dari semangat kebersamaan menuju masyarakat yang mandiri dan lebih sejahtera,” tutup Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Bandar Pasir Mandoge ini.(Widya)

Share :

Baca Juga

Daerah

Festival Anak Shaleh Indonesia di Kabupaten Pidie diikuti 230 peserta

Daerah

Pameran dan Bazar UMKM Aceh Dibuka Malam Ini di Lhoksukon

Daerah

Tiga Puluh Personel Polres Pidie Naik Pangkat

Daerah

Jaga Kelestarian Lingkungan, Polres Aceh Utara Tanam 1.000 Pohon

Daerah

15 Nama Calon Panwaslih Diserahkan ke Komisi I DPRK

Daerah

Kasatres Narkoba dan Dua Kapolsek Polres Aceh Utara Sertijab

Daerah

Pj Bupati Aceh Utara Terima Deviden dari Bank Aceh Rp 13,8 M

Daerah

Bakti Religi, Polres Aceh Utara Bersihkan Masjid Peringati Hari Bhayangkara

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!