Home / News

Selasa, 28 Maret 2023 - 00:33 WIB

DPRD Barut Murka, Perusahaan Pencemar Lingkungan Tak Hadiri RDP

- Penulis Berita

Kalteng.Thetime23.com.Guna membahas permasalahan pencemaran lingkungan di Wilayah Hukum Barito Utara (Barut), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemkab Barut dan pihak PT Pada Idi serta pihak PT Nantoy Bara Lestari, selaku perusahaan yang diduga telah menyebabkan lingkungan tercemar, Senin (27/3/2023), di Gedung DPRD Barut, Muara Teweh.

Ironinya, kedua pihak perusahaan yang diduga telah mencemari lingkungan tersebut justru tidak hadir, sementara undangan agenda RDP telah disampaikan ke pihak perusahaan tersebut sejak satu bulan sebelumnya.

Sontak hal ini menimbulkan kekecewaan hingga menyebabkan DPRD Barut dan semua para pihak yang hadir menjadi murka.

“Kita kecewa dan mengecam pihak perusahaan yang memandang sebelah mata permasalahan urgensi seperti ini. Sama sekali tidak menghargai, sampai-sampai mereka tidak hadir,” ujar Ketua Komisi III DPRD Barut, Dr. H. Tajeri, S.E., S.H., M.M., M.H., kepada awak media usai gelar RDP.

Baca Juga :  Personel Polsek Diminta Patroli Pada Malam Hari

Politisi Gerindra ini menuturkan, hasil RDP yang dilakukan tersebut menyatakan bahwa pihak perusahaan telah lalai dan mengakibatkan pencemaran lingkungan hidup.

“Hasil dengar pendapat dengan Asistien II, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Desa dan rekan-rekan lain, pada intinya adalah sungai tersebut telah tercemar,” pungkas Tajeri.

Senada dengan Ketua Komisi III DPRD, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Barut, H. Gazali, S.Sos., M.AP., mengaku sangat kecewa atas ketidak hadiran pihak perusahaan pada agenda RDP tersebut.

“Kesepakatannya (hasil RDP) adalah memberhentikan sementara kegiatan perusahaan, karena menurut hasil rapat banyak sekali realisasi lapangan yang tidak sesuai dengan kesepakatan hasil RDP sebelumnya,” papar Gazali.

Baca Juga :  Kompol Misyanto, SE, M.Si Menjabat Sebagai Wakapolres Pidie.

Tampak hadir pada RDP tersebut, Ketua Komisi III DPRD Barut H. Tajeri dari fraksi Gerindra, Permana Setiawan DPRD Barut fraksi PKB, Mustafa Joyo Muchtar DPRD Barut fraksi Gerindra, H. Abri DPRD Barut fraksi PPP, Hasrat, S.Ag., DPRD Barut fraksi PAN, Asisten II Pemkab Barito Utara, H. Gazali, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara di wakili Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Methilda Trisana, Camat Tewe Tengah, Camat Lahei Barat, Kepala Desa Muara Inu, Kepala Desa Luwe Hilir, dan undangan lainnya.

Hingga berita ini diterbitkan, kedua pihak perusahsan ini belum berhasil terkonfirmasi oleh awak media.

Penulis : Ramli
Editor : Amir Sagita

Share :

Baca Juga

News

Jangan Terlibat Narkoba dan Jaga Kamtibmas

News

Dua Pekerja Asal Aceh Dipulangkan dari Malaysia Karena Sakit

News

Pj Sekda Optimis Aceh Utara akan Kembali Bersinar Jika Punya SDM yang Kompeten

News

Gerebek Lokasi Perjudian, Polisi Tangkap Tujuh Pelaku

News

PWI Aceh Desak Polisi Usut Tuntas Pengancaman Terhadap Wartawan

News

Buka Puasa Bersama, H Rahmatullah Pastikan Maju Pada Pilkada 2024

News

Omset Tahunan BUMDes-Nya Mencapai Rp. 400 Juta

News

Diduga Depresi, Seorang Pria di Temukan Gantung Diri

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!